Kamis, 14 Oktober 2010

Laporan Keuangan Pemda Pessel = WDP

Padang (PRONEWS FM) 07 Oktober 2010 - Berdasarkan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2009 BPK RI memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam acara peresmian gedung BPK RI Perwakilan Sumbar hari ini, Kamis, (07/10) Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit mengatakan akan melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja seluruh SKPD sehingga diharapkan Tahun Anggaran 2010 ini lebih baik dan secara bertahap dapat meningkatkan opininya menjadi WTP.

Sementara itu Smart People, Kepala BPK RI Hadi Utomo dalam sambutannya pada acara peresmian gedung BPK Sumbar hari ini mengatakan tugas BPK sesuai undang – undang adalah memeriksa laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Atas pemeriksaan tersebut, BPK memberikan opini, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian) dan Disclaimer atau Tidak memberikan pendapat.

Pemberian opini tersebut diberlakukan dari beberapa hal yang mempengaruhinya antara lain sistem pengendalian intern, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, pemahaman dan jumlah sumber daya manusia terkait dengan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah terutama SDM yang bertugas di Bagian Keuangan.
Dari laporan keuangan tahun 2009, satu- satunya yang memperoleh predikat WTP di Sumbar adalah Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. (Okvina Juita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar