Jumat, 15 Oktober 2010

Pemprov Sumbar Akan Buat Rekening Khusus Untuk Pokmas

Padang (PRONEWS FM) 14 Oktober 2010 - Terjadinya pemotongan sejumlah dana bantuan gempa yang dilakukan oleh ketua kelompok masyarakat (pokmas) menimbulkan masalah baru pada proses penyerahan bantuan dana gempa kepada masyarakat.

Sejumlah pokmas melakukan pemotongan dana bantuan gempa tersebut dengan dalih untuk biaya administrasi. Padahal dari beberepa kali pernyataan yang disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana pusat dan anggota dewan yang datang ke sumbar beberapa waktu lalu menyatakan uang tersebut tidak boleh dipotong dengan alasan apapun.

Sementara itu Kepala Dinas Pengembangan Sarana dan Wilayah, Dodhi Ruswandi yang juga merupakan salah satu anggota tim rehab rekon sumbar menyatakan gubernur juga melarang adanya pemotongan dana gempa tersebut kecuali dalam batasan yang wajar. Untuk mencegah hal tersebut kedepan, nantinya pemprov akan membuatkan rekening kepada setiap anggota pokmas.

Dodhi menambahkan, Ketua pokmas nantinya hanya mengkoordinir tentang penyaluran dan mendata serta melaporkan kepada dinas terkait. Proses ini mungkin membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, namun akan lebih aman dibandingkan dengan cara manual.(Riswan Indra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar