Selasa, 05 Oktober 2010

Mahasiswa Sastra UNP Pertanyakan Perubahan Nama Fakultas

Padang (PRONEWS FM) 05 Oktober 2010 - Sejumlah mahasiswa dan alumni program studi sastra di Universitas Negeri Padang mempertanyakan kebijakan universitas tentang perubahan nama Fakultas Bahasa Sastra dan Seni menjadi Fakultas Bahasa dan Seni.

Fakultas Bahasa Sastra dan Seni di Universitas Negeri Padang telah berubah nama menjadi Fakultas Bahasa dan Seni. Terkait dengan perubahan nama tersebut, sejumlah mahasiswa program studi sastra seperti Sastra Indonesia dan Sastra Inggris mempertanyakan perubahan nama tersebut dan menyesalkan tidak adanya pemberitahuan dari pihak universitas tentang hal itu.

Salah seorang alumni prodi Sastra Inggris, Mira, menilai penghilangan kata "Sastra" dalam Fakultas Bahasa Sastra dan Seni adalah sebuah penghilangan jati diri. Sebab dengan hilangnya kata sastra, berarti program studi Sastra, baik Sastra Indonesia maupun Sastra Inggris, tidak mendapat tempat lagi di fakultas.

Sementara itu Humas UNP, Amril Amir, menjelaskan perubahan nama fakultas ini sudah berlangsung sejak Agustus lalu. Ia menyebutkan, perubahan ini adalah upaya penyeragaman universitas-universitas yang berasal dari perpanjangan mandat dari Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP). Dari seluruh universitas asal IKIP yang ada di Indonesia, hanya UNP yang memiliki nama berbeda sehingga mempersulit urusan administrasi antar universitas.

Amril Amir juga menyebutkan bahwa prodi sastra tidak akan dihilangkan dan akan tetap menjadi bagian Fakultas Bahasa dan Seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar