Jumat, 15 Oktober 2010

Pemprov Tunggu Kepastian Jumlah Sapi Dari NTB Untuk "Satu Petani Satu Sapi"

Padang (PRONEWS FM) 12 Oktober 2010 - Program “Satu Petani Satu Sapi” yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat sudah mulai mendekati tahap akhir. Pasca kunjungan gubernur Sumatera Barat ke PT Riau Agro Mandiri Pekanbaru untuk menjalin kerjasama pengadaan sapi beberapa waktu lalu, saat ini pemerintah provinsi Sumatera Barat sedang dalam proses menunggu kepastian jumlah sapi yang akan dikirimkan dari provinsi lain yaitu provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan bahwa data sementara jumlah petani yang diterima Pemerintah Provinsi adalah sebanyak 2 juta orang. Namun, pihak pemprov masih akan mengadakan seleksi ketat untuk petani-petani yang akan menerima bantuan sapi tersebut. Beberapa kriteria penerima bantuan antara lain berpenghasilan maksimal dibawah 1 juta per bulan, dan produktif.

Sementara itu, Untuk dana program ini, pihak pemprov sudah mendapatkan deal dengan Bank Nagari sebanyak Rp. 35 Milyar Rupiah. Selain dana tersebut, Irwan menambahkan, Bank Mega juga telah bersedia memberikan Kredit Usaha Rakyat sebanyak 1 triliun rupiah yang akan diberikan secara bertahap, dengan dana awal sebanyak Rp. 250 Milyar rupiah. Dana ini akan ditandatangani oleh pemprov secepatnya.

Program satu petani satu sapi ini digagas seiring dengan akan dibentuknya lembaga penjamin kredit daerah di Sumbar. Hal ini dilakukan seiring dengan susahnya para petani dan peternak untuk mendapatkan jaminan dalam mengakses kredit. (Riswan Indra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar