Selasa, 28 September 2010

Dubes AS dan Australia Kunjungi Padang

Padang (PRONEWS FM) 28 September 2010 - Duta Besar Amerika Serikat, Scot Marciel, beserta Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia, Paul Robilliard, hari ini melihat langsung sekolah yang menerima bantuan jangka panjang dari Australia pasca gempa yang melanda Kota Padang 30 September 2009 lalu. Sekolah yang dikunjungi adalah SDN 19 Kampung Olo Padang.

Dalam kunjungan ini, Scot Marciel dan Paul Robilliard yang didampingi langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim menandatangani plakat di SDN 19 Kampung Olo Padang. Plakat ini adalah simbol komitmen pemerintah AS dan Australia untuk membantu anak-anak Indonesia dan Sumatera Barat khususnya, agar bisa menikmati kembali pendidikan formal disekolah yang layak dan tahan gempa.

Dalam sambutannya, Scot Marciel mengatakan bahwa Pemerintah AS dan Australia telah memberikan bantuan sebanyak $A 15 juta, yang meliputi upaya tanggap darurat dan upaya pemulihan dan rekonstruksi. Bantuan ini meliputi $A 5 juta untuk pendidikan dan $A 5 juta untuk fasilitas kesehatan.

Disamping bantuan tersebut, pemerintah Australia dan Amerika Serikat juga mensosialisasikan kampanye “rumah aman gempa” baik secara langsung maupun online. Paul Robilliard mengatakan bahwa pemberian materi-materi pelatihan teknik konstruksi rumah aman gempa juga dilakukan secara online yaitu di situs www.rumahamangempa.net sehingga masyarakat umum bisa mengakses dan mempelajari bagaimana konstruksi rumah yang aman terhadap gempa.

Sosialisasi ini diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah korban jika terjadi gempa lagi dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar