Kamis, 30 September 2010

JJSB Bagikan Peta Evakuasi Tsunami

Padang (PRONEWS FM) 30 September 2010 - Dalam rangka memperingati gempa 7,9 SR yang meluluhlantakkan sebagian besar kota Padang dan Padangpariaman setahun lalu, Jaringan Jurnalis Siaga Bencana (JJSB) hari ini melakukan aksi simpatik dengan membagi-bagikan peta evakuasi tsunami di Pantai Puruih Padang dan sekitarnya.

Ketua JJSB, John Nedy, kepada reporter Pronews FM, Riswan Indra menyatakan bahwa aksi simpatik ini adalah inisiatif yang dilakukan sendiri oleh JJSB. Dimana dengan membagi-bagikan peta evakuasi tsunami ini, JJSB juga turut melakukan edukasi kepada masyarakat akan bahaya tsunami dan bagaimana cara megantisipasinya.

Dalam peta yang dibagi-bagikan tersebut, terdapat beberapa daerah yang dinyatakan sebagai zona merah, atau daerah bahaya tsunami. Daerah tersebut membentang sepanjang Pantai Padang sampai ke Lubuk Buaya untuk arah utara ke selatan, sedangkan untuk arah timur, zona merah berkisar antara radius 3-5 KM dari bibir pantai.

Selain memperlihatkan zona bahaya tsunami, peta ini juga dilengkapi dengan petunjuk-petunjuk terhadap apa saja yang harus dilakukan oleh masyarakat jika terjadi gempa yang berpotensi tsunami, dan juga nomor-nomor penting yang dapat dihubungi oleh masyarakat seperti PMI, Polisi, Rumah Sakit, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar