Senin, 27 September 2010

Perguruan Tinggi Gagal Cetak Sarjana yang Peduli Terhadap Nasib Petani

Padang (PRONEWS FM) 23 September 2010 - Universitas-universitas dan Perguruan Tinggi di Sumatera Barat dinilai gagal melahirkan akademisi-akademisi yang peduli terhadap kondisi pertanian dan nasib petani saat ini.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Barat, Khalid Saefullah menyatakan bahwa saat ini banyak sarjana-sarjana pertanian yang lari dari tanggungjawab disiplin ilmu masing-masing. Setelah lulus dari universitas, para sarjana ini cenderung beralih profesi atau mencari pekerjaan lain yang tidak berhubungan dengan ilmu yang mereka peroleh di bangku kuliah. Terkesan mengabdikan diri untuk pertanian adalah sebuah nilai minus, sehingga menyebabkan bertani seolah-olah menjadi kasta terbawah dalam dunia kerja.

Dalam memperingati hari tani sedunia yang jatuh pada hari ini, Khalid Saefullah menambahkan, seharusnya universitas-universitas melakukan evaluasi tentang keberadaan fakultas pertanian yang ada di Sumatera Barat. Menurutnya, fakultas pertanian seharusnya dihapuskan saja jika tidak memberikan kontribusi positif untuk dunia pertanian Sumatera Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar