Senin, 20 September 2010

Tips Mudik Dishub Sumbar

Padang (PRONEWS FM) 07 September 2010 - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat menghimbau kepada para pemudik agar lebih mengutamakan pemakaian kendaraan roda empat dibandingkan dengan kendaraan roda dua saat mudik lebaran.

Berdasarkan data yang didapatkan dari Polda Sumatera Barat, tingkat kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2007 sampai dengan 2009 meningkat sebanyak 40 persen. Disamping itu, selama berlangsungnya arus mudik tahun lalu, tercatat telah terjadi 82 kasus lakalantas dengan korban jiwa mencapai sebanyak 25 orang. Dari kasus tersebut, mayoritas kecelakaan dialami oleh para pengguna roda dua.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat, Akmal, menyampaikan beberapa tips yang bisa diperhatikan oleh para pemudik untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Diantaranya adalah persiapan obat dan bahan makanan jika seandainya terjadi macet, persiapan bahan bakar, persiapan fisik, dan yang paling penting adalah patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas.

Disamping itu, Akmal juga memberikan peringatan khusus kepada para pemudik yang akan melintasi jalur rawan longsor seperti Silaiang, Labuah Sampik, Bungus, dll agar senantiasa hati-hati ketika melewati jalur tersebut. Disarankan agar para pemudik untuk tidak melewati titik-titik rawan longsor tersebut ketika hari hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar