Rabu, 01 September 2010

Fauzi Bahar: Lesunya Pesantren Ramadhan Adalah Hal yang Wajar

Padang (PRONEWS FM) 31 Agustus 2010 - 3 hari menjelang berakhirnya pesantren ramadhan, Walikota Padang, Fauzi Bahar, menilai lesunya pelaksanaan kegiatan khusus di bulan ramadhan ini sebagai sesuatu yang wajar. Hal ini disebabkan banyaknya acara yang dipadatkan dalam kegiatan tersebut.

Walikota Padang, Fauzi Bahar, mengatakan bahwa pelaksanaan pesantren ramadhan ini sengaja dirancang untuk dilakukan sejak subuh dan berakhir pada sore hari. Pada saat subuh, semua anak sekolah baik itu di tingkat SD, SMP, dan SMA wajib mengikuti shalat subuh berjamaah. Setelah itu baru dilanjutkan dengan pelaksanaan pesantren ramadhan oleh tingkat SMA yang kemudian dilanjutkan oleh SD, dan SMP.

Fauzi Bahar mengatakan, padatnya kegiatan di bulan ramadhan ini sengaja dilakukan untuk memicu anak-anak agar lebih semangat ketika memulai masuk sekolah kembali.

Untuk pelaksanaan pesantren ramadhan kali ini, waktu pelaksanaannya lebih panjang daripada sebelumnya. Jika sebelumnya hanya dilaksanakan selama 14 hari, untuk tahun sekarang diperpanjang menjadi 20 hari.

Fauzi Bahar juga menambahkan bahwa fokus pesantren ramadhan tahun sekarang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya hanya difokuskan pada penghafalan asmaul husna, untuk tahun ini lebih kepada pendalaman asmaul husna tersebut sekaligus makna yang terkandung didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar