Minggu, 29 Agustus 2010

Angka Kemiskinan di Kab. Tanah Datar Menurun

Batusangka (PRONEWS FM) 27 Agustus 2010 - Angka kemiskinan di Kabupaten Tanah Data mengalami penurunan setiap tahunnya. Menurut data Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Tanah Data, pada tahun 2010, terjadi penurunan sebanyak 3000 kepala keluarga.

Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Tanah Data, Tanwir Rusman, mengatakan kepada reporter PRONEWS FM, Riswan Indra, hal ini disebabkan oleh adanya program-program pengentasan kemiskinan yang terus dilakukan oleh setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kabupaten tersebut. Misalnya pemberian bantuan berupa bibit kakao dari Dinas Perkebunan, pemberian hewan ternak berupa sapi dan kambing dari Dinas Peternakan dan Dinas Sosial, begitu pula setiap SKPD lainnya yang turut memberikan bantuan sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Bantuan ini ditujukan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang ada di Kabupaten Tanah Data.

Tanwir menambahkan, penurunan angka kemiskinan ini berkisar antara 2-3 % per tahun. Untuk tahun 2009 jumlah KK yang masih berada dibawah garis kemiskinan terdapat sekitar 18.000 KK, namun untuk tahun 2010 menurun menjadi sekitar 15.000 KK saja.

Tanwir juga menjelaskan bahwa masalah terbesar yang dihadapi Dinsosnaker Kab. Tanah Data saat ini adalah penanggulangan korban bencana sosial dan bencana alam seperti kebakaran, banjir bandang, angin puting beliung, serta gempa bumi. Namun pihak Dinsosnaker sudah mengupayakan berbagai kerjasama dengan instansi terkait untuk mengatasi masalah ini, baik itu di tingkat nagari, kecamatan dan kabupaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar