Selasa, 17 Agustus 2010

Permintaan Naik, Pertamina Mulai Antisipasi

Padang (PRONEWS FM) 16 Agustus 2010 - Pertamina Sumatera Barat telah melakukan berbagai upaya antisipasi kelonjakan BBM menjelang dan saat hari raya Idul Fitri 1431 H. Diperkirakan permintaan BBM di Sumatera Barat akan melonjak diantara 10 – 15 %. Angka ini tidak akan jauh berbeda dengan angka peningkatan tahun sebelumnya yang sebesar 12%.

SR BBM Retail Rayon VIII Sumatera Barat, Tri Yudha Nurmansyah, kepada reporter PronewsFM Eko Permana menuturkan bahwa Pertamina Sumatera Barat telah melakukan beberapa upaya antisipasi pelonjakan permintaan BBM diantaranya dengan mengirimkan surat edaran kepada pengusaha SPBU di seluruh Sumbar untuk menyetorkan DO/permintaan lebih banyak dibandingkan biasanya. Selain itu pihak Pertamina Sumbar juga telah menunjuk beberapa SPBU yang akan menjadi kantong SPBU, sehingga apabila terjadi peningkatan permintaan maka SPBU yang telah ditunjuk menjadi kantong mampu menyediakan kebutuhan masyarakat.

Selain itu langkah antisipasi lainya, dengan membentuk Tim Satgas Ramadhan yang akan bertugas memantau ke setiap SPBU fluktuasi permintaan masyarakat dan ketersediaan stock.

Saat ini stock premium yang ada di Pertamina Sumbar mencapai 30.000 kl atau kebutuhan 18 hari kedepan. Sementara itu ketersediaan pasokan solar saat ini sebesar 18.000 kl atau untuk ketersediaan 14 hari kedepan. Minyak tanah sebanyak 1.500 kl atau untuk tiga hari kedepan.

Menurut Yudha, permintaan premium dan solar setiap ramadhan cenderung meningkat namun solar justru turun karena jumlah truk yang beroperasi pada saat bulan ramadhan relatif sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar