Rabu, 25 Agustus 2010

Balai Bahasa UNP Rencanakan Tes Bahasa Asing Untuk Mahasiswa Baru

Padang (PRONEWS FM) 24 Agustus 2010 - Balai Bahasa Universitas Negeri Padang (UNP) masih merencanakan untuk menerapkan tes awal kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris, untuk mahasiswa baru angkatan 2011. Upaya ini dilakukan utuk meningkatkan kualitas lulusan Universitas Negeri Padang.

Kepala Balai Bahasa Universitas Negeri Padang, Yenni Rozimela, mengakui ketertinggalan UNP dalam penerapan TOEFL sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa. Sementara itu universitas lain, seperti UNRI, telah menerapkan standar kelulusan ini sejak beberapa tahun lalu.

Yenni menambahkan, untuk saat ini hanya ada dua jurusan di Universitas Negeri Padang yang mengharuskan mahasiswanya untuk mengambil tes TOEFL sebelum diwisuda. Dua jurusan tersebut adalah Jurusan Bahasa Inggris, dan Program Pasca Sarjana. Masing-masing jurusan ini menerapkan standar nilai kelulusan TOEFL yang berbeda. Jurusan Bahasa Inggris meminta skor 475, sedangkan Pasca Sarjana meminta skor 425.

Dari hasil tes TOEFL tersebut, hanya 50% mahasiswa yang benar-benar melewati standar kelulusan. Ini berarti, mahasiswa UNP masih dibawah rata-rata. Yenni berharap, kedepannya pihak universitas sudah mengeluarkan kebijakan mengenai hal ini. Agar lulusan UNP nantinya memiliki daya saing yang lebih tinggi dalam dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar