Minggu, 29 Agustus 2010

Vaksin Haji Sampai di Sumbar Minggu Depan

Padang (PRONEWS FM) 26 Agustus 2010 - Sebanyak 4478 orang jama’ah haji di Provinsi Sumatera Barat akan mendapatkan suntik vaksin meningitis pada minggu ke-3 september mendatang. Dijadwalkan semua vaksin akan di drop Dari Kemenkes di Jakarta ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat pada mingu depan.

Pada tahun ini vaksin yang akan diberikan kepada jama’ah haji adalah vaksin jenis menfio dari PT.Novartis, vaksin ini merupakan vaksin yang berasal dari Italia. Sedangkan vaksin mensefak asal Belgia yang tahun lalu digunakan untuk para jama’ah haji pada tahun ini sudah tidak digunakan lagi karena mendapatkan label haram dari Majelis Ulama Indonesia karena megandung enzim babi.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dr.Irene MKM kepada Reporter PronewsFM Eko Permana menuturkan bahwa setiap jama’ah haji yang telah mendapatkan vaksin akan mendapatkan kartu kuning (ICV). Kartu inilah yang akan menjadi bukti di Saudi Arabia bahwa jama’ah telah mendaptkan vaksin, sehingga jama’ah yang tidak memiliki kartu akan dipulangkan kembali ke Indonesia.

Peraturan vaksinasi meningitis ini mulai di berlakukan sejak tahun 2002, dimana negara Saudi Arabia mengalami endemic meningitis. Pada tahun 2000 sebanyak 14 orang jama’ah Indonesia terserang meningitis dan 6 diantaranya meninggal di tanah suci. Pada tahun 2001 angka ini meningkat menjadi 18 orang dan 6 diantaranya juga meninggal di tanah suci. Oleh sebab itu melalui Nota Diplomatik Kedubes Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta dikeluarkanlah peraturan No.211/94/71/577 tentang wajib vaksin meningitis bagi semua jama’ah dan crew haji yang akan berangkat ke Saudi Arabia. Peraturan ini berlaku di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar