Rabu, 04 Agustus 2010

PUSDALOPS PB Sumbar Ciptakan Alat Sistem Diseminasi Peringatan Dini Tsunami

Padang (Pronews FM) 04 Agustus 2010 - Pusat kendali dan operasi penanggulangan bencana (PUSDALOPS PB) Sumatera Barat berhasil menciptakan peralatan sistem diseminasi peringatan dini tsunami sumbar yang terintegrasi dengan sistem peringatan dini tsunami nasional. Alat yang berbentuk kotak berwarna hitam ini dirakit oleh tim pengkaji dan pengembangan teknologi informasi Pusdalops PB Sumbar. Sistem ini diharapkan dapat memberikan peringatan dini kepada masyarakat jika sewaktu waktu terjadi bencana tsunami, karena alat ini terkoneksi langsung dengan pihak Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika.

Kepala Pusdalops PB Sumbar Ade Edward kepada reporter Pronews FM Ronny Arbi mengatakan alat ini akan di pasang di berbagai titik keramaian di daerah pesisir pantai seperti di mesjid-mesjid, sekolah dan dipasar. Alat ini juga dilengkapi dengan tolar sel dan batere cadangan sehingga dapat berfungsi dalam keadaan darurat sekalipun.

Alat ini akan mengeluarkan suara sirine yang nyaring jika BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami. Untuk daerah Sumbar diperlukan sekitar 500 unit dan akan segera di uji cobakan pada tanggal 26 Agustus mendatang. Alat tersebut tidak akan dijual secara bebas di pasaran namun masyarakat dapat membeli alat tersebut pada pemerintah nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar