Rabu, 11 Agustus 2010

PT.KAI Tambah Volume Kereta Jelang Lebaran

Padang (Pronews FM) 11 Agustus 2010 - PT. Kereta Api Indonesia Regional II Provinsi Sumatera Barat telah melakukan berbagai upaya persiapan arus mudik dan antisipasi lonjakan penumpang menjelang dan saat Idul Fitri 1431H. Diantaranya dengan penambahan volume pemberangkatan KA rute Padang –Pariaman.

Rute Padang- Pariaman merupakan rute KA paling padat di Sumatera Barat. Pada hari-hari biasanya dalam satu hari rute ini melayani 4 trip yang pada setiap trip mengangkut sekitar 350 orang penumpang. Sedangkan pada saat lebaran pihak PT.KAI telah menambah volume menjadi 10 trip perjalanan.

Berbeda dengan rute Padang – Pariaman. Rute Padangpanjang – Sawahlunto hingga saat ini dipastikan belum dapat kembali beroperasi melayani penumpang umum dan wisata. Hal ini disebabkan putusnya jembatan kereta api di Lubuk Alung KM.59 sejal 13 Februari lalu.

Staff Humas PT.KAI Regional II Provinsi Sumatera Barat Pendri kepada reporter ProNews FM Eko Permana menuturkan selain penambahan volume KA, pihak PT.KAI juga telah melakukan upaya perbaikan bantalan rel kerata api. Bantalan yang semula merupakan bantalan besi akan diganti menjadi bantalan beton. Beberapa wilayah seperti Jalur Indarung–Teluk Bayur, serta Teluk bayur–Padang–Duku telah selesai dilakukan pemasangan. Sedangkan jalur Duku- Lubuk Alung dan Kurai Taji – Pariaman saat ini tengah dilakukan penggantian bantalan.

Pendri menambahkan bahwa saat ini terdapat 4 buah kereta api yang tengah dikelola oleh PT.KAI Regional II Sumbar, diantaranya KA Sibinuang dan KA Dang Tuanku untuk rute Padang–Pariaman, KA Danau Singkarak untuk rute Padangpanjang–Sawahlunto, dan KA Mak Itam untuk rute wisata Sawahlunto–Muaro Kalaban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar