Senin, 30 Agustus 2010

Disbudpar Sumbar bantah Tahun 2010 Wisman Turun Drastis

Padang (PRONEWS FM) 30 Agustus 2010 - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat membantah bahwa jumlah kunjungan wisatawan asing ke Sumbar tahun ini menurun hingga 50% dibandingkan tahun 2009. Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat mengeluarkan rilis bahwa jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatera Barat melalui Bandara International Minangkabau (BIM) pada bulan juni 2010 mencapai 2.972 orang, angka ini mengalami penurunan sebanyak 54,14 % dibandingkan dengan juni 2009.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat, Rielmi Saleh, kepada reporter PronewsFM, Eko Permana, membenarkan Sumatera Barat mengalami penurunan tingkat kunjungan wisman pasca gempa bumi 2009 silam, namun angka penurunan menurut Rielmi tidaklah signifikan hingga mencapai kisaran 20%, angka penurunan menurut prediksi pihak Disbudpar hanya antara 10-15%.

Menurut Rielmi penurunan tersebut terjadi bukan karena kerusakan objek/ destinasi yang ada di Sumbar akibat gempa, namun justru karena faktor ekonomi wisatawan baik manca maupun lokal. Objek wisata yang mengalami kerusakan di Sumatera Barat menurut Rielmi jumlahnya relatif sedikit sehingga tidak akan menjadi penyabab rendahnya tingkat kunjungan wisatawan.

Sementara itu menanggapi data dari BPS Sumbar tentang penurunan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Sumbar, Rielmi mengatakan penurunan bukan terjadi karena jumlah wisatawan yang menurun namun justru karena jumlah hotel berbintang yang mengalami penurunan drastis. Saat ini Kota Padang telah memiliki empat hotel berbintang baru diantaranya hotel Aliga berbintang dua, dan hotel Safili, Grand Sari, dan Bunda masing-masing berstatus hotel bintang satu.

Selain itu Saat ini juga tengah dibangun Hotel Sianok View di Bukittinggi dengan rate bintang tiga. Diharapkan dengan peningkatan jumlah hotel ini akan dapat membantu pemulihan pariwisata Sumbar sebagai destinasi utama di Indonesia bagian barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar