Selasa, 03 Agustus 2010

BI Sumbar Siapkan Rp 10 Milyar untuk Lebaran


Bank Indonesia Cabang Sumatera Barat telah melakukan persiapan yang matang menjelang hari raya Idul Fitri 1431 H khususnya untuk ketersediaan uang kertas dan logam yang telah disediakan mencapai Rp.10 Miliar.

Kasir Muda I Bank Indonesia Padang, Zainal Asirin, kepada Reporter PronewsFM Eko Permana menuturkan bahwa angka Rp. 10 Miliar ini tidak jauh berbeda dengan tahun 2009. Uang yang disediakan beragam mulai dari uang pecahan Rp.100.000,- hingga pecahan Rp.50,-. Namun dari keseluruhan, pecahan yang paling diminati adalah pecahan dengan nominal Rp.5.000,- hingga Rp.1.000,- untuk digunakan oleh masyarakat Sumbar yang terkenal dengan tradisi “manambang”.

Mekanisme pendistribusian uang ini dilakukan dengan beberapa alternatif. Selain di Bank Indonesia, masyarakat juga dapat menukarkan uang mereka ke Bank-Bank umum dan BPR yang ada di Seluruh Sumatera Barat. Selain itu untuk Kota Padang juga disediakan mobil keliling yang siap melayani masyarakat pada tiga titik, di halaman Kantor Balaikota Padang, Lapangan Imam Bonjol dan halaman Bank Indonesia Sudirman.

Terkait rencana pemotongan nilai mata uang yang dicetuskan Darmin Nasution sebagai Gubernur BI terpilih. Zainal mengungkapkan bahwa hal tersebut masih sekedar wacana karena perlu mengkaji banyak hal terlebih dahulu sebelum rencana tersebut direalisasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar