Minggu, 29 Agustus 2010

PKPU Padang Optimis Kumpulkan Zakat Rp. 5 Milyar

Padang (PRONEWS FM) 26 Agustus 2010 - PKPU Kota Padang optimis kumpulkan zakat sebanyak Rp.5Milyar pada ramadhan tahun ini. Angka ini diperkirakan mengalami peningkatan mencapai 3 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp. 1,2 Milyar.

Branch Manager PKPU Kota Padang, Faridansyah, kepada Reporter PronewsFM Eko Permana menuturkan bahwa hingga pertengahan ramadhan ini PKPU Kota Padang telah mengumpulkan zakat sebanyak Rp.400juta dan angka ini akan mengalami peningkatan signifikan pada H-7 Idul Fitri.

PKPU Kota Padang melayani masyarakat yang ingin menyalurkan zakat profesi, zakat perusahaan, zakat perdagangan (zakat mal), dan zakat perorangan. Farid juga menuturkan bahwa PKPU lebih fokus kepada pengelolaan zakat dari para pengusaha atau perusahaan, BAZDA lebih fokus pada pada pengumpulan zakat dari PNS dan Rumah Dzakat lebih fokus kepada pengumpulan zakat perorangan.

Proses pendistribusian zakat dilakukan dalam dua sistem, 75% zakat disalurkan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat atau melalui KUM, dan 25% disalurkan langsung (charity) kepada masyarakat. Saat ini PKPU telah menyalurkan zakat kepada 33.000 orang penerima zakat. Sedangkan jumlah kaum dhuafa /mustahik di Kota Padang mencapai 280.000 orang (28 % dari 1juta penduduk)

Ramadhan tahun ini PKPU Kota Padang mendirikan 22 gerai zakat di sejumlah tempat di Kota Padang, seperti di BIM, Basko, Plaza Andalas, bank-bank di Kota Padang dan sejumlah kantor seperti kantor Pajak dan Pegadaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar