Rabu, 11 Agustus 2010

Dinas Peternakan Sumbar Jamin Ketersediaan Daging dan Telur

Padang (Pronews FM) 10 Agustus 2010 - Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat menjamin ketersediaan daging sapi , daging ayam dan telur ayam selama bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1431 H. Bahkan hingga saat ini ketersediaan daging dan telur Sumatera Barat menglami surplus.

Ediwardi Kepala Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat kepada reporter PronewsFM Eko Permana menuturkan bahwa saat ini kebutuhan masyarakat Sumatera Barat akan daging sapi yaitu sebesar 1.408 ton, sedangkan ketersediaan yang ada saat ini mencapai 1.452 ton. Surplus daging sapi sebesar 44 ton akan disuplai ke Provinsi Riau dan Sumatera Utara.

Sementara itu ketersediaan daging ayam saat ini mencapai 2.376 ton, namun kebutuhan masyarakat Sumbar hanya sebesar 2.186 ton. Untuk surplus daging ayam akan di suplay ke Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Utara.

Kbutuhan masyarakat Sumbar untuk telur ayam pada bulan ramadhan adalah sebesar 2.927 ton. Sedangkan untuk ketersediaan telur ayam mencapai 5.629 ton, hal ini berarti surplus telur ayam Sumbar mencapai 50 %.

Ediwardi menambahkan bahwa untuk daging ayam dan telur ayam di Sumatera Barat merupakan asli komoditas dan produksi sumbar. Sedangkan untuk daging sapi merupakan komoditas asli dan suplai dari luar provinsi yang siklusnya memang sama untuk setiap provinsi di Indonesia baik yang mengalami kekurangan maupun surplus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar