Minggu, 29 Agustus 2010

Sumbar Peringkat Ke-5 Penularan AIDS Melalui Jarum Suntik

Padang (PRONEWS FM) 27 Agustus 2010 - 80% penderita HIV AIDS di Sumatera Barat merupakan pengguna narkoba. Oleh karena itu Dinas Kesehatan Prov Sumbar mengharapkan kerjasama berbagai pihak terutama dari pihak kepolisian untuk menanggulangi HIV AIDS.

Dari data terakhir yang diperoleh Dinas Kesehatan Prov Sumbar, Sumatera Barat merupakan provinsi peringkat ke-5 di Indonesia dengan penderita HIV tertinggi yang berasal dari penyebaran suntikan narkoba, kemudian penyebaran kedua akibat hubungan sex bebas .

Penyebaran HIV AIDS di Sumatera Barat terus mengalami peningkatan, usia produktif 20-29 tahun merupakan penderita tertinggi di Sumatera Barat. Kepala Seksi P2P Dinkes Prov Sumbar, Dr.Irene MKM, kepada reporter PronewsFM, Eko Permana, menuturkan bahwa selama ini Dinkes telah berusaha keras melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran HIV AIDS dengan sosialisasi dan berbagai cara lainnya. Namun ia pesimis kalau usaha ini tidak di dukung oleh pihak lain karena penyebaran HIV terkait erat dengan penyebaran narkoba serta pola sosial masyarakat.

Dr, Irene menambahkan bahwa akhir Desember 2009 tercatat bahwa Sumatera Barat merupakan Provinsi ke-12 di Indonesia dari segi jumlah kasus HIV AIDS tertinggi.
Saat ini Dinkes juga telah mendirikan beberapa klinik pemeriksaan seperti di RSUP M.Djamil Padang ,RSAM Bukittinggi, PKBI Sumbar, Lentera Sumbar dan Spirita. Hal ini ditujukan untuk membimbing dan merangkul para penderita yang kebanyakan tidak sadar bahwa ia telah terjangkit HIV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar