Rabu, 25 Agustus 2010

Pasca Gempa, Agam dan Padangpariaman Masih Lakukan Pemulihan

Padang (PRoneWS FM) 25 Agustus 2010 - Pasca gempa bumi 30 September 2009, beberapa kawasan di Kabupaten Agam dan Kabupaten Padangpariaman masih melakukan pemulihan kesehatan korban bencana alam. Namun Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat mencatat pasca gempa bumi hingga saat ini tidak ditemukan adanya kejadian luar biasa (KLB).

Kepala Seksi Penanggulangan Bencana Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Jasmarizal kepada Reporter PronewsFM Eko Permana menuturkan bahwa hingga saat ini Kabupaten Agam dan Kabupaten Padangpariaman masih sanggup melakukan upaya pemulihan sehingga tidak membutuhkan bantuan langsung dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Tiga hari pasca gempa diakui memang ditemukan adanya peningkatan yang signifikan kasus diare di Sumatera Barat. Namun tidak meningkat hingga menjadi kasus KLB (Kejadian Luar Biasa). Hal ini berkat aksi tanggap darurat yang optimal yang behasil diberikan selama beberapa hari pasca gempa bumi. Menurut Jasmarizal ini tidak terlepas dari peran serta dan usaha keras Pemko, Pemkab, Dinkes Se-Sumbar, NGO dalam dan luar negeri yang berpartisipasi aktif khususnya dalam pemulihan kondisi kesehatan di Sumatera Barat.

Hingga saat ini Dinkes Sumbar masih melakukan pemantauan kondisi pasca gempa bumi di beberapa wilayah di Sumatera Barat. Dan hingga saat ini pemulihan kesehatan telah mencapai hasil yang sangat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar