Senin, 09 Agustus 2010

Tarekat Naqsabandyah Hari Ini Mulai Berpuasa

Padang (Pronews FM) 09 Agustus 2010 - Berbeda dengan ummat islam lainnya, jama’at tarekat Naqsabandyah telah menetapkan hari ini sebagai 1 ramadhan dan telah menunaikan ibadah puasa terhitung hari ini .Sholat taraweh telah dimulai pada malam sebelumnya di sebanyak 20 mesjid dan mushalla tarekat Naqsabandyah di Kota Padang.

Di Musholla Surau Baru Pauh sebanyak 100orang lebih jama’at telah melakukan ibadah sholat taraweh bersama. Selain itu sebanyak 17 orang perempuan usia lanjut juga mengikuti tradisi suluak yang biasa dilaksanakan pada setiap bulan ramadhan. Tradisi suluak merupakan beribadah secara intens baik pada siang hari maupun malam hari dan peserta idak diperkenankan untuk pulang ke rumah selama beribadah.

Imam Jama’at ahmadyah Surau Baru Pauh, Zahar kepada reporter Pronews FM Eko Permana menuturkan sejak dahulu jama’at naqsabandyah memiliki cara sendiri dalam menentukan kapan jatuhnya bulan suci ramadhan serta menentukannya tanggal lainnya dalam pengkalenderan hijriah. Cara yang lazim digunakan adalah dengan nama Melihat Bulan.

Cara melihat bulan juga dilakukan oleh tarek Sa’taryah dalam menentukan peristiwa penting seperti datangnya bulan ramadhan. Namun menurut Zahar, perbedaan cara pandang membuat penetapan kapan jatuhnya bulan ramadahan menjadi berbeda. Saat ini jama’at sa’taryah belum menentukan kapan jatuhnya bulan ramadhan tahun. Musholla Surau Baru yang pada tahun ini genap berusia satu abad, merupakan salah satu pusat jama’at tarekat Naqsabandyah tertua di Kota Padang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar