Jumat, 06 Agustus 2010

Pasa Pabukoan Ready for Opening

Padang (Pronews FM) 06 Agustus 2010 - Menyambut datangnya bulan suci ramadhan tahun ini Dinas Pasar Kota Padang telah mempersiapkan kapling pasa pabukoan yang berlokasi di Pintu Utara Lapangan Parkir RTH Imam Bonjol. Lokasi ini sama dengan lokasi pasa pabukoan pada tahun sebelumnya. Tahun ini Dinas Pasar Kota Padang mentargetkan sebanyak 45 lebih kapling mampu terakomodir dengan lahan seluas 23 x 40 m².

Hingga saat ini Dinas Pasar telah menerima 40 nama pedagang yang mendaftar sebagai pemesan kapling. Namun kesempatan pendaftaran masih dibuka hingga 9 Agustus mendatang. Kasi Perencanaan dan Evaluasi Dinas Pasar Kota Padang, Hasna kepada Reporter PronewsFM Eko Permana menuturkan, bahwa pada hari pertama pembukaan, Dinas Pasar bekerjasama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) akan memberikan penyuluhan secara langsung mengenai zat kimia dan zat berbahaya lainnya yang biasa digunakan pada makanan. Selain itu pada saat pembukaan juga akan dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Tambang dan Energi.

Menurut Hasna, ada satu hal berbeda dari pasa pabukoan tahun ini, jika dulu para pedagang menjual barang makanan secara acak maka pada tahun sekarang, pasa pabukoan yang akan di buka pada hari pertama 11 Agustus mendatang, akan diberlakukan sistem zoning atau pengelompokan. Sehingga hal ini akan mempermudah pembeli untuk memilih dan menentukan makanan.

Sedangkan untuk pengamanan Dinas Pasar menerjunkan langsung 5 orang security dan bertangung jawab penuh terhadap kemanan pasa pabukoan hingga akhir menjelang lebaran nanti. Selain itu untuk kebersihan Dinas Pasar juga akan menurunkan sebanyak 5 orang petugas.

Ketika ditanya mengenai sistem pembayaran, Hasna enggan untuk memberikan keterangan. Namun menurut Hasna Dinas Pasar Kota Padang akan memberikan keleluasaan bagi pedagang untuk tenggat waktu dan juga besaran angsuran yang mampu dibayarkan pedagang sehingga tidak akan memberatkan para pedagang pasa pabukoan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar