Minggu, 15 Agustus 2010

Dibandingkan yang Lain, Harga Beras Malah Turun

Padang (Pronews FM) 12 Agustus 2010 - Memasuki bulan suci ramadhan tahun ini beberapa komoditi di pasaran mulai mengalami pelonjakan harga. Komoditi ini terutama yang berhubungan dengan sembilan bahan pokok yang akan mengalami kenaikan cukup signifikan menjelang hari raya idul fitri 1431 H. Beberapa komoditi yang saat ini telah mengalami kenaikan antara lain komoditi daging, kelapa, cabe merah dan daging ayam ras.

Berbeda dengan komoditi lain, di Sumatera Barat harga beras dibulan ramadhan justru mengalami penurunan. Dari pantauan reporter pronews FM Eko Permana di Pasar Raya Padang, memasuki bulan ramadhan omset pedagang beras mengalami penurunan dan ini terjadi setiap tahun. Penurunan ini diakibatkan karena banyaknya rumah makan di Kota Padang yang tutup di bulan puasa sehingga menyebabkan rendahnya permintaan beras di pasaran. Kondisi seperti ini terjadi hanya di Sumatera Barat.

Namun demikian menjelang hari raya Idul Fitri penjualan pedagang beras diperkirakan akan semakin tinggi walalupun tidak melebihi dari hasil penjualan di hari-hari baiasa.

Selain itu emas juga mengalami kenaikan. Emas 24 karat saat ini dijual dengan harga Rp. 352.000,- /gram. Sedangkan Emas 23 karat juga mengalami kenaikan mencapai Rp. 340.000,-/gram. Namun dmikian emas 22 karat justru mengalami penurunan harga dari Rp. 311.400,-/ gram menjadi Rp.305.000,- /gram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar